Melihat Kondisi Baterai Smartphone

Kabar gadget –  Apakah ponsel atau baterai Anda mulai sedikit panas dari biasanya? Jika Anda mencari cara untuk memeriksa suhu baterai Anda, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat. Jika Anda tidak sepenuhnya yakin apakah ponsel atau baterai Anda panas atau panas, berikut adalah beberapa trik kecil yang dapat membantu Anda sedikit mempersempitnya.
Akses informasi baterai Anda
ok langsung saja kita  akan mulai dengan salah satu alat paling canggih yang dapat digunakan saat mencoba mendiagnosis baterai di ponsel pintar Android. Kami akan mencoba mengakses daftar informasi baterai ponsel Anda tetapi mungkin ada masalah … Alat canggih ini mungkin belum diinstal sebelumnya atau mungkin tidak tersedia di setiap model dan model Android dan mungkin juga bergantung pada versi ponsel Android dan mungkin tergantung pada perusahaan kontak Anda. Tetapi kode fitur ini masih tersedia di banyak smartphone Android untuk memeriksa baterai ponsel, jadi saya sarankan untuk mencobanya dan jika tidak berhasil, kita akan membahasnya sebentar lagi.

Mulailah dengan membuka papan tombol ponsel Anda, seolah-olah Anda akan menghubungi nomor telepon, dan ketik * # * # 4636 # * # *. Jika fitur ini tersedia di perangkat Anda, itu akan secara otomatis muncul dan memungkinkan Anda untuk memilih dari beberapa opsi. Temukan opsi yang bertuliskan Info baterai dan buka.

Anda kemudian akan melihat banyak informasi tentang baterai Anda termasuk:

Status baterai: Ini harus menunjukkan apakah perangkat sedang diisi atau baterai sudah penuh.
Power Plug: Menunjukkan cara mengisi daya perangkat, AC (pengisi daya dinding), USB (komputer), dll.
Level baterai: Menunjukkan persentase pengisian baterai.
Pengukur baterai: Harus membaca “100”.
Kesehatan baterai: Seharusnya dikatakan “bagus.” Jika kesehatan baterai Android menunjukkan “kesalahan tidak dikenal” atau “kesalahan tidak dikenal”, baterai ponsel Anda mungkin mengalami masalah. Jika Anda melihat apa pun selain “bagus”, saya sarankan Anda memutar daya (matikan ponsel alih-alih menghidupkannya), masukkan kode lagi, buka informasi baterai lagi dan periksa apakah opsi ini telah berubah. Kalau masih belum bilang bagus. Maka ada kemungkinan besar baterainya sendiri rusak.
Voltase baterai: Ini benar-benar bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan oleh rata-rata pengguna ponsel (kecuali jika terlalu tinggi) tetapi dari pengalaman saya, saya telah menemukan bahwa voltase baterai ponsel Android biasanya sekitar 3.7V – 4.2V.
Suhu baterai: Ini adalah opsi yang ingin Anda periksa ketika ponsel Anda tampak memanas atau ketika mulai terlalu panas karena memungkinkan Anda untuk memeriksa suhu baterai ponsel Anda. Jika suhu baterai lebih tinggi dari biasanya maka ini mungkin menunjukkan bahwa baterai terlalu panas tetapi jika suhu baterai tidak terlalu panas maka masalahnya bisa jadi ponsel itu sendiri memanas. Temperatur baterai tentu saja akan bervariasi tetapi saya telah menemukan bahwa baterai di ponsel Android sering tetap dalam kisaran 30 ° C kadang-kadang di bawah empat puluhan tergantung pada penggunaan telepon (86 ° F – 104 ° F) …
Teknologi baterai: Biasanya hanya Li-ion yang muncul (karena baterai Lithium Ion umum ditemukan di sebagian besar perangkat Android).
Waktu sejak booting: Menunjukkan jumlah waktu sejak terakhir kali Anda menghidupkan atau mematikan telepon.
Kode tidak berfungsi
Jika Anda mengetik * # * # 4636 # * # * dan tidak terjadi apa-apa, kode fitur ini mungkin tidak tersedia pada ponsel cerdas spesifik Anda, dan jika Anda ingin mengakses statistik baterai ini, Anda mungkin perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga dari Android Play Store..

BACA JUGA  Cara Telepon Lewat WhatsApp Desktop

Saat mencari aplikasi, Anda cukup mencari “informasi baterai”, mencari aplikasi dengan ulasan bagus (paling banyak bintang), membaca deskripsinya untuk melihat apakah itu termasuk suhu baterai (yang banyak dilakukan), lalu unduh aplikasi dan nikmati. Ada banyak aplikasi berbeda untuk dipilih dan kebanyakan gratis.

Penelitian fisik
Biasanya menggunakan metode di atas cukup akurat ketika mencoba mendiagnosis baterai ponsel, tetapi jika Anda khawatir baterai Anda rusak, saya sangat menyarankan, jika memungkinkan, Anda memeriksa baterai secara visual untuk melihat apakah baterai itu cacat, bengkak atau melengkung. Jika ponsel Anda tidak dirancang untuk memungkinkan Anda melepas baterai, berhentilah melakukannya karena Anda harus membongkar ponsel dan mungkin membatalkan garansi, tetapi jika ponsel Anda dirancang untuk memungkinkan Anda melepas panel belakang dan baterainya, lepaskan. baterai dari telepon dan melakukan pemeriksaan visual terhadap baterai tersebut.

Jika sulit untuk mengetahui apakah itu melengkung atau menggembung, coba letakkan di permukaan yang rata untuk melihat apakah itu datar atau dudukan bolak-balik. Jika baterai tidak rata dan baterai berubah bentuk, saya sarankan Anda mengganti baterai.

Baterai ponsel semakin panas!
Baterai yang dipanaskan mungkin tidak diperlukan di dalam ponsel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *