Ceritakan Serunya Ramadhan Pada Anak

Perkenalkanlah anak pada Ramadhan, tak ada salahnya bunda. Sekalipun mereka tidak diwajibkan untuk melakukannya, dengan mengenalnya, mereka berharap dia bisa berlatih ketika dia besar nanti. Meski begitu, pastikan mengajar secara bertahap agar tidak mengejutkan anak.
Anda tidak hanya harus menekan rasa lapar dan haus dari matahari terbit hingga terbenam, tetapi Anda juga harus memberi tahu anak-anak bahwa si kecil bisa belajar banyak nilai selama Ramadhan. Oleh karena itu, dianjurkan agar seluruh umat Islam memperbanyak ibadah selama Ramadhan.
Tentang Ramadhan Ibu, Anda dapat memberi tahu anak Anda 10 hal berikut.

1. Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam tahun Islam

Mungkin sebagian anak belum mengetahui bahwa Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah atau Islam. Dengan memberi tahu dia tentang ini, Anda mungkin juga memberi isyarat untuk memperkenalkan bulan-bulan lain dalam kalender Islam.

2. Arti puasa

Puasa adalah salah satu kebiasaan terpenting Ramadhan. Bisa dibilang puasa adalah suatu keharusan bagi orang dewasa dan orang sehat. Karena itu, jika lelaki kecil Anda sudah beranjak remaja, jangan sampai melewatkannya. Saat berpuasa, hindari makan dan minum dari matahari terbit hingga terbenam.
Selain itu, puasa juga berarti menekan emosi dan menghindari hal-hal buruk. Cobalah untuk memberi tahu si kecil bahwa jika dia melakukan pekerjaan dengan baik, maka Allah akan menyukainya dan dia akan diberi pahala yang berlimpah.

BACA JUGA  kabar terahir tentang pelegalan miras
3. Keturunan Alquran

Ya, ibu, Anda dapat memberi tahu anak-anak Anda tentang bagaimana Nabi Muhammad (SAW) menerima wahyu Alquran selama Ramadhan. Selain itu, ketika kita membaca Alquran bulan ini, pahala akan meningkat secara eksponensial.

4. Merit meningkat 70%

Beri tahu anak Anda bahwa selama Ramadhan, Allah akan memberi pahala semua bentuk ibadah dan perbuatan baik. Mulai dari sholat, puasa, membaca Alquran, sholat, ibadah dan segala bentuk amal baik lainnya, Anda akan menerima pahala hingga 70%. Inilah mengapa bulan ini sering disebut sebagai bulan berkah.

5. Lailatul Qadr

Di bulan Ramadhan, ada satu malam yang lebih baik dari malam 1000 bulan, dan itu adalah Lailatur Qadr. Coba ceritakan malam dalam bahasa yang sederhana agar si kecil mudah memahaminya. Misalnya, jika seseorang berdoa malam ini pasti akan membawa kebaikan, dosa-dosanya akan diampuni, dan membawa kenyamanan di akhirat.

6. Idul Fitri

Idul Fitri bukan sekedar kue Idul Fitri dan baju baru. Ya ibu, tolong beri tahu anak-anak Anda bahwa Idul Fitri adalah tentang persahabatan dan saling memaafkan. Karenanya, saat Idul Fitri, Anda dan keluarga biasanya akan saling berkunjung.

7. Lailatul Jaiza

Pernahkah Anda mendengar tentang Lailatul Jaiza? Jadi malam ini adalah malam sebelum datangnya Idul Fitri. Malam ini disebut juga malam penghargaan.

8. Bulan Sabit

Mungkin kebanyakan anak-anak kurang paham kenapa banyak orang menentukan bulan Ramadhan dengan melihat bulan. Jelaskan kepadanya bahwa untuk menentukan suksesi bulan, seseorang harus memastikan bahwa bulan baru terlihat di atas langit. Ini menunjukkan bahwa bulan baru telah berubah.

9. Anak tidak wajib berpuasa

Setelah mendengar berbagai macam cerita bagus tentang Ramadhan, anak Anda mungkin akan lebih tertarik untuk berpuasa. Moms, alangkah baiknya jika dia mulai belajar berpuasa. Meski begitu, Anda perlu memberi tahu anak Anda bahwa sebenarnya mereka tidak wajib berpuasa. Oleh karena itu, jika anak Anda merasa tidak aman saat berpuasa, dia bisa menyuruh Anda berpuasa. Namun, ketika ia beranjak remaja dan dewasa, mereka harus menjalankan puasa selama sebulan. Jika tidak, itu akan disalahkan.

BACA JUGA  Cara Hapus Akun Instagram Dengan Mudah Dan Praktis
10. Pentingnya berbagi selama Ramadhan

Merupakan kebiasaan yang baik untuk mengajar anak-anak untuk berbagi dengan orang lain sejak usia dini. Apalagi jika kita termasuk salah satu orang yang dianugerahi cukup kekayaan oleh Allah SWT. Selama Ramadhan, ajak anak-anak berdonasi, apalagi saat pandemi corona ini banyak orang butuh bantuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *