Bahaya Modus Baru, HP Bisa Diretas dari DM Instagram

Pengguna Instagram telah diperingatkan untuk waspada akan pesan langsung atau Direct Message (DM) yang berisikan penipuan. Dalam pesan tersebut pengirim mengaku berasal dari Instagram yang sebenarnya bertujuan serangan phishing berbahaya yang memungkinkan peretas mendapatkan akses ke akun pribadi pengguna.

BACA JUGA  Cara Melacak Lokasi Nomor Telepon Online

Modusnya begini: Ada pesan DM mengklaim berasal dari ‘Pusat Bantuan Hak Cipta’ dari Instagram. Dalam pesannya diberitahukan bahwa ada salah satu postingan yang melakukan pelanggaran hak cipta. Hacker atau peretas selalu memiliki cara baru untuk meretas akun seseorang, baru-baru ini pengguna Instagram telah diperingatkan untuk waspada akan Direct Message yang berisikan penipuan.

BACA JUGA  Cara Telepon Lewat WhatsApp Desktop

Dikutip dari Hitekno.com, modus baru ini mengandalkan pesan di Direct Message Instagram yang mengklaim berasal dari ‘Pusat Bantuan Hak Cipta’ dari Instagram. Dalam pesan tersebut diberitahukan bahwa ada salah satu postingan yang melakukan pelanggaran hak cipta.

BACA JUGA  Pembaruan Fitur Android Terbaru

Pengguna yang menerima pesan tersebut diharuskan menghapus postingan tersebut atau mengklik link yang dikirimkan. Link tersebut sebenarnya yang mengarahkan pengguna ke situs jahat yang bisa mengambil data para korban. Padahal pihak Instagram sendiri sudah menegaskan tak akan menghubungi pemilik akun secara langsung atau melalui DM.

Pihaknya sudah memperingatkan pengguna dan berhati-hati atas penipuan tersebut. Peringatan akan adanya penipuan ini diunggah akun Instagram di Twitter ”Jaga keamanan akun Anda. Anda mungkin mendapatkan email yang tampaknya dari Instagram, tetapi sebenarnya tidak. Hindari peretasan dan phishing dengan: Memeriksa setelan Anda untuk mengonfirmasi bahwa kami menghubungi Anda. Tidak ada apa-apa di sana? Maka itu bukan dari kami.”

Pengguna harus lebih teliti lagi saat menerima pesan yang mengatasnamakan Instagram, jangan mudah percaya dan aktifkan otentikasi dua faktor (2FA) di akun Instagram kamu.

Untuk melindungi dari penipuan seperti ini, Instagram mengatakan pemegang akun harus mengaktifkan otentikasi dua faktor (2FA) yang menambahkan langkah tambahan ke proses login.

Dalam pesan itu juga disebutkan untuk mereka menghapus postingan atau mereka juga dapat mengklik tautan untuk lebih lanjutnya. Nah dari tautan tersebutlah yang bisa memakan korban karena diarahkan ke situs jahat yang dapat mengambil secara detail data korban.
Instagram sendiri menegaskan tidak akan pernah menghubungi pemegang akun secara langsung melalui DM. Atas kejadian ini mereka telah memperingatkan orang-orang untuk berhati-hati terhadap penipuan ini.

“Jaga keamanan akun Anda. Anda mungkin mendapatkan email yang tampaknya dari Instagram, tetapi sebenarnya tidak. Hindari peretasan dan phishing dengan: Memeriksa setelan Anda untuk mengonfirmasi bahwa kami menghubungi Anda. Tidak ada apa-apa di sana? Maka itu bukan dari kami,” tuli Instagram dalam akun Twitter resminya.

Untuk melindungi dari penipuan seperti ini, Instagram mengatakan pemegang akun harus mengaktifkan otentikasi dua faktor (2FA) yang menambahkan langkah tambahan ke proses login.

Dilansir detiKINET dari Metro, Kamis (1/4/2021) jika ada yang ingin memeriksa pesan apa yang telah dikirim Instagram, ada cara tertentu untuk melakukannya. Pertama, masuk ke aplikasi dan buka menu Pengaturan. Kemudian, cukup klik ‘Privasi’ dan kemudian ‘Email dari Instagram’.

Artikel ini telah tayang di detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *