Tips Sebelum Membeli iPhone Secara Online

kabargadget.com  –  Ingin membeli iPhone secara online? Tentu ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Pasalnya pembelian online sangat rentan dengan produk palsu dan sejenisnya. Sehingga harus dilakukan beberapa pertimbangan sebelum memutuskan membeli produk iPhone secara daring.

Tidak bisa dipungkiri jika pembelian iPhone secara online akhir-akhir ini semakin meningkat di Indonesia. Salah satu alasannya ialah malas untuk keluar rumah, apalagi Indonesia masih dalam masa pendemi seperti sekarang.

BACA JUGA  Resmi Diluncurkan , Asus ROG Strix GL12CX dengan Nvidia GeForce RTX 2080

Bagi anda yang mempunyai rencana untuk membeli iPhone online, maka perlu dipastikan dengan jeli agar tidak tertipu dan menyesal dikemudian hari.

Meski tidak semua penjual iPhone online penipu, akan tetapi tidak ada salahnya jika anda tetap waspada. Tujuannya agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Khususnya anda sebagai pembeli yang harus keluar uang untuk memperoleh produk tersebut.

Setidaknya, ada beberapa poin yang harus dipertimbangkan saat hendak membeli iPhone secara online. Apa saja?

  1. Cek Dan Lihat Reputasi Toko Online iPhone

Poin pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli iPhone secara online ialah mengetahui reputasi toko online tersebut. Umumnya, anda bisa dengan mudah menilai reputasi sebuah toko online dengan hanya melihat namanya saja.

BACA JUGA  Dibekali kamera 48MP& baterai 5. 000 mAh, harga HP Redmi Note 10 cuma Rp 2, 3 jutaan

Toko iPhone yang sudah mempunyai riwayat bagus dan bisa dipercaya, pastinya sudah sangat terkenal serta sangat mudah mendengar namanya di dunia nyata ataupun dunia maya.

Terus bagaimana jika ini merupakan pertama kali bagi anda untuk membeli iPhone secara online? Bagaimana cara mengenali bahwa toko online tersebut sangat bagus dan bisa dipercaya?

Mungkin terasa begitu sangat sulit, maka dari itu lebih dianjurkan untuk melakukan pembelian secara offline atau datang langsung ke toko penyedia.

Hal yang paling mudah untuk anda amati ialah dengan melihat ulasan atau review dari pelanggan yang sudah membeli produk di toko online tersebut. Meski review bisa saja menipu, namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

Poin penting lainnya, lihat rata-rata rating dari penjualan yang sudah sukses. Jika pelayanan dan produk memang baik, pastinya rating juga akan baik.

Jangan lupa juga untuk mengumpulkan informasi mengenai pelayanan yang ditawarkan oleh toko tersebut. Seperti halnya cara klaim garansi, poin apa saja yang termasuk pada garansi, serta pengembalian iPhone jika produk rusak atau cacat.

  1. Beli iPhone Baru atau iPhone Bekas

Jika anda memang sudah memutuskan untuk membeli iPhone pada salah satu toko online, maka poin selanjutnya ialah memutuskan untuk membeli iPhone baru atau bekas.

Anda harus jeli dalam mengamati informasi yang disediakan oleh penjual online tersebut, sehingga anda tercegah dari tindak penipuan. Bisa saja anda membeli iPhone murah, namun nyatanya iPhone yang dibeli produk bekas.

Memilih iPhone yang akan anda beli sangatlah penting agar tidak menyesal di belakang hari. Pada kondisi baru, sudah pasti harga iPhone akan lebih mahal dibanding dengan iPhone bekas.

Bagi anda yang ingin membeli iPhone bekas, akan lebih baik membeli iPhone dengan cara COD atau bertemu langsung dengan penjual.

Dengan sistem COD, anda bisa lebih jelas dalam melihat kondisi perangkat, serta bisa mencegah dari tindak penipuan online.

  1. Membeli iPhone Refurbish atau iPhone Rekondisi

Meski iPhone yang anda beli masih dalam kondisi baru, namun anda juga harus tahu apakah iPhone yang dijual tersebut merupakan iPhone yang memang benar-benar baru atau refurbish.

Dalam hal ini anda tidak perlu bingung, pasalnya iPhone Refurbish merupakan iPhone baru yang layak untuk dibeli. Sebab masih sesuai dengan standar kualitas Apple.

Poin penting lainnya, lihat rata-rata rating dari penjualan yang sudah sukses. Jika pelayanan dan produk memang baik, pastinya rating juga akan baik.

Jangan lupa juga untuk mengumpulkan informasi mengenai pelayanan yang ditawarkan oleh toko tersebut. Seperti halnya cara klaim garansi, poin apa saja yang termasuk pada garansi, serta pengembalian iPhone jika produk rusak atau cacat.

Yang penting untuk anda hindari ialah membeli produk iPhone rekondisi. Pasalnya, iPhone rekondisi sangat berbeda dengan iPhone refurbish. Bisa disebut jika iPhone rekondisi merupakan produk bekas yang dikual lagi setelah diperbaiki dan dirombak oleh orang lain (bukan pihak Apple) seperti halnya iPhone baru.

Dari sisi kualitas, sangat jelas jika iPhone rekondisi jauh berada di bawah standar Apple. Tidak sedikit orang yang tertipu dan menyesal membeli iPhone online.

Mereka tertipu oleh keterangan iPhone Refurbished dan iPhone rekondisi. Supaya anda tidak terteipu serta tercegah dari penipuan, maka harus tahu lebih lanjut terkait perbedaan iPhone refurbish dan rekondisi.

  1. Garansi Resmi Dengan Garansi Distributor

Poin garansi ini tidak boleh anda abaikan. Jika anda membeli iPhone pada toko online, umumnya anda akan menemukan beberapa foto iPhone dengan kotak dan keterangan yang diberi label iPhone B-Cell, iPhone The One, iPhone Platinum, iPhone Bless, iPhone TAM/SES dan yang lainnya.

Perlu anda pahami, umumnya iPhone tersebut menggunakan garansi distributor. Sudah lazim anda menemukan beragam keterangan yang sangat tidak umum.

Padahal jika anda membeli iPhone pada reseller resmi seperti iBox, maka tidak akan pernah ada keterangan seperti yang sudah disebutkan diatas. Garansi yang diberikan oleh reseller resmi Apple ialah garansi resmi Apple dan bukan garansi toko ataupun distributor.

Dari sisi garansi distributor, mungkin setiap orang mempunyai pengalaman yang berbeda. Anda pun bisa mengumpulkan informasi terkait dengan pengalaman tersebut melalui berbagai sumber di internet.

Bisa jadi anda menemukan produk iPhone dengan harga jual murah, namun nyatanya garansi tidak jelas atau bahkan tidak ada garansi. Jangan sampai anda tertipu serta menyesal dengan keterangan garansi yang tertera.

  1. iPhone Garansi Internasional

Penting dipahami, iPhone tidak pernah ada versi garansi resmi Apple dengan status Internasional. Garansi resmi iPhone hanya berlaku pada satu negara saja.

Sebagai contoh, apabila sebuah iPhone yang dijual resmi di Indonesia, maka klaim garansinya hanya bisa dilakukan di Indonesia. Apabila iPhone merupakan produk yang memang ditujukan untk dijual di Singapuran, maka klaim garansinya pun hanya berlaku di Singapura.

Salah satu produk Apple dengan garansi yang memang benar-benar resmi ialah MacBook. Artinya, apabila anda membeli MacBook di Indonesia, maka klaim garansi bisa dilakukan di negara lain selain Indonesia. Jadi, anda jangan tertipu dengan keterangan iPhone Garansi Internasional.

  1. Harga iPhone Murah Dan Kualitas Bagus

Mungkin sangat sulit untuk mencari iPhone murah akan tetapi mempunyai kualitas yang bagus. Meski begitu, anda masih bisa mencarinya jika berada pada kondisi yang beruntung.

Anda bisa mengandalkan beragam promo, potongan harga atau diskon, serta varian tawaran lain untuk membeli iPhone. Bahkan banyak pula pembeli online iPhone memperoleh diskon atau potongan harga secara  khusus. Intinya, anda harus jeli dalam melihat kondisi peluang yang ada.

Sebagai contoh, ada keluaran iPhone baru yang belum dirilis di Indonesia, akan tetapi sudah banyak toko online yang menjual produk terbaru iPhone tersebut.

Selain beberapa poin yang sudah kami sebutkan diatas, anda juga harus paham dengan spesifikasi iPhone yang hendak dibeli. Pelajari dari sumber resmi, kemudian cocokkan dengan produk yang ditawarkan pada toko online.

Bagaimana? Apa anda masih yakin ingin membeli iPhone secara online? Butuh pertimbangan yang matang agar anda terhindar dari penipuan. Waspada ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *